Sabtu, 05 Maret 2011

Trik Memproteksi Blog Dari Copas


"ANJRITTTTT . . . !!!! ITU KAN ARTIKEL GW ?/!!! HAH KO ADA DI DIA SIII???" Terdengar suara kencang di dalam kamar. Lo tau ga kenapa?? Karena artikel yang dia susun selama 1899 tahun dengan entengnya berada di halaman orang lain. itu akibat dari adanya VIRUS COPAS pastinya. Wkwkwkwkwk___ Gondok,,, ??? Pasti lah,,, tanpa ijin trlebih dahulu si.....(eh tapi gw juga lupa ga ijin dulu)
Ok,,, gw, tau bagaimana gatasin virus copas tersebut, caranya ya kita gembok dan kunci rapat_rapat artikel kita.... hiiii___ Kidding bray__ 



Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan YME. Walah malah pidato. Langsung aja deh
Pertama-tama kita panjatkan, waduh kok itu lagi sih :D
Pertama-tama kita analisa dulu, biasanya kalo mau nyuri artikel kan ada beberapa cara nih, mulai dari menyeleksi tulisan yang mau dicuri kemudian di copy-paste. Atau melihat "Source Code"nya dengan meng-klik kanan dan lain-lain. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari cara yang mudah sampai cara yang sulit. Nah untuk Tips dan Trik kali ini kita akan mencoba menggunakan cara yang mudah saja, tapi ingat, cara ini hanya efektif untuk menghadapi maling kelas teri, jadi nggak akan mempan menghadapi para penjahat kelas kakap yang sudah banyak makan asam garam dunia internet (emangnya enak ya makan asam ama garam?). Tapi lumayan kan untuk berjaga jaga dari maling-maling kelas teri. Nah berikut adalah triknya...


copy script dibawah ini kedalam body lo (lho? kok kedalam body sih?), maksudnya kedalam tag <body .....
begini deatil caranya:
pertama login dulu ke blogger, terus pilih Layout --> Edit HTML
cari kode ini <body> letaknya kira-kira di tengah bagian kiri, dan biasanya setelah kode </head> . perlu diperhatikan bahwa di dalam kode html terdapat banyak tulisan "body", jangan salah memilih body :D .
kalo sudah ketemu sama body, letakkkan tangan eh script ini didalamnya

onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false"

contohnya kayak gini nih

<body onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false" >

Nah, script diatas untuk memproteksi agar text yang ada tidak bisa di seleksi untuk dicopy, dan juga tidak bisa di klik kanan.
trus bagaimana kalo kalo pencurinya lihat source code kita lewat menu-menu yang ada di web browser? misalnya yang pake Mozilla dengan cara Klik View -->> Page Source atau dengan menekan Ctrl+u. Nah untuk menakali masalah ini kita kita pakai cara licik aja, yaitu dengan menurunkan script html kebawah, caranya gimana tuh?
gGni, taruh kursor/pointer ke atas tag <head> (letaknya dibagian atas), trus tekan enter sampai kira-kira 70 kali tau 1899 kali kalo mau. Nah kalo pencurinya melihat source code kita, dia hanya akan melihat kode kepala dari html kita, sedangkan isi dari blog kita kan udah turun ke bawah, tul ga? :D capwe dehhh__
Tapi ingat sekali lagi, ini hanya untuk pencuri kelas teri, walaupun diproteksi secanggih apapun, pasti tetap aja ada orang yang akan bisa membongkarnya, tapi kan setidaknya kita berjaga-jaga, bijak ga tuh gan kata_kata gw????
Haaa___


Perhatian : Kalo pake trik proteksi ini, maka untuk form-form isian seperti search engine, kotak komentar haloscan, shoutbox ogix. tidak bisa diisi. Jadi kalo memang tidak benar-benar diperlukan, jangan menggunakan trik ini. he..he..

0 komentar:

Posting Komentar